OOP [class,method,modifier]

Pengertian Class, Method, Modifier
Pada tulisan ini saya mencoba untuk membahas tentang pengertian dari Class, Method, Modifier pada pemrograman berorientasi objek atau lebih dikenal dengan OOP (Object Oriented Programing). Dan yang pertama akan saya bahas adalah pengertian dari Class.
–    Class adalah suatu “blueprint” atau “cetakan” untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Sesuai dengan keterangan diatas dapat diartikan bahwa class itu bahan dasar sebelum kita membuat sesuatu, atau juga merupakan sebuah wadah dari apa yang kita buat. Misalkan kita ingin membuat tempe, tentu saja harus ada bahan dasarnya yaitu kedelai, atau ketika kita mempunyai mangga,apel,dan durian maka ketiga benda tadi masuk dalam kumpulan yang bernama buah. Dari kedua contoh tersebut kita bisa menentukan mana “class” dan mana “object”, pada Tempe merupakan object yang dibuat dari class Kedelai.Dan mangga,apel,durian merupakan kumpulan object dari class Buah.
Yang kedua adalah pengertian dari Method.
–    Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Kalau kita kembalikan lagi ke contoh – contoh pada class, kalau Tempe itu object, Kedelai itu class, maka method adalah ciri – ciri dari Tempe seperti tempe itu bewarna kuning dan bertekstur kasar. Dan pada class Buah, methodnya bisa berupa rasa dari salah satu object mangga,apel,atau durian, seperti apel rasanya manis atau mangga rasanya asam.
Dan yang ketiga atau terakhir adalah Modifier.
–    Modifier adalah digunakan untuk menentukan hubungan suatu unsur kelas dengan unsur kelas lainnya. Dan modifier sendiri memiliki beberapa jenis menurut aksesnya, yaitu :
1.    Public : semua unsur yang terdapat dalam suatu class (method,object,dll) bisa diakses secara bebas oleh semua class lain yang berada dalam satu package ataupun tidak.
2.    Protected : semua unsur yang terdapat dalam suatu class (method,object,dll) bisa diakses secara oleh semua class lain yang berada dalam satu package dan class bagian/turunan dari class awal meski berbeda package.
3.    Default : semua unsur yang terdapat dalam suatu class (method,object,dll) bisa diakses secara oleh semua class lain yang berada dalam satu package.
4.    Private : semua unsur yang terdapat dalam suatu class (method,object,dll) bisa diakses oleh class itu sendiri.
Kalau diimplementasikan ke class contoh sebelumnya maka bisa diartikan jika kita memberi modifier private pada kedua class Kedelai dan Buah, maka object tempe dari class Kedelai tidak bisa mengakses method rasa dari class Buah, begitu juga sebaliknya.
Ini ada contoh program sederhana tentang class,method,dan modifier
Contoh program dalam Java
public class NilaiIpk {

double ipk = 3.56;

public void nilaiIpk(){
System.out.println(“Nilai IPK = “+ipk);
}

public static void main(String[] args) {
NilaiIpk ipk = new NilaiIpk();
ipk.nilaiIpk();
}

}

Contoh program dalam C#

public class NilaiIpk
{
double ipk = 3.65;

public void nilaiIpk()
{
Console.WriteLine(” Nilai IPK = {0}”,ipk);
}

}

Dari contoh diatas bisa disimpulkan classnya adalah “NilaiIpk” methodnya “nilaiIpk” dan modifiernya adalah “public”.
Begitulah pembahasan saya tentang pengertian Class, Method, Modifier, semoga bisa dipahami dan tidak membuat bingung.

Leave a comment